About This Blog

Our Blogger Templates Web Design

Pink Diamond
RSS

RESENSI BUKU “KEMILAU CAHAYA MUSLIMAH”

IDENTITAS BUKU
Judul Buku                  : KEMILAU CAHAYA MUSLIMAH
                                    “Potret Wanita Dalam Al-Quran dan As sunnah”
Penulis                         : Abidah al-Mu’ayyad al-‘Adzm (cucu dari Syeikh Ali ath-Thanthawi)
Penerbit                       : Rabitha Press
Tahun Penerbit            : 2007
Tebal Buku                  :xxxix + 277 Halaman

ISI BUKU

Isu tentang Gender adalah salah satu cemilan yang laris sejak awal masa Renaisance Eropa. Gender feminis yang berates-ratus tahun –bahkan lebih- direndahkan derajatnya oleh gender lawannya yakni gender maskulin atau kaum pria. Kini menuntut untuk mendapat perlakuan, peran dan hak yang sama.
Padahal Allah ‘azza wa jalla telah menciptakan Lelaki dan Perempuan berbeda satu sama lain bertujuan agar dapat saling melengkapi. Tidak boleh salah satu jenis mengangankan menjadi jenis lain, hal bisa menjerumuskan ke dalam dosa besar yakni pengingkaran terhadap Qadha dan Qadr-Nya.
Dalam buku ini penulis ingin menunjukkan bahwa iman dan taqwalah ukuran baku yang direstui Sang Pencipta dalam menentukan derajat insan. Dan tidak pula sebagai perbandingan antara laki-laki dan perempuan. Namun, tujuan yang utama adalah menerangkan dan menjelaskan kekhususan yang dikaruniakan Allah ‘azza wa jalla kepada wanita beserta pahala dan balasannya di akhirat kelak. Hal ini perlu diketahui dan diyakini oleh setiap wanita bahwa menjadi wanita bukanlah hambatan untuk meraih kesuksesan, keutamaan, juga dalam melaksanakan kewajiban yang dibebankan kepadanya.Dan dalam mewujudkan hak yang diidam-idamkan, yakni kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat.

KELEBIHAN

Pemaparan dan penjelasan penulis tentang kekhususan wanita, hikmah kewajiban seorang wanita bahkan hikmah dan manfaat dari larangan-larangan untuk wanita sangat gambling dan mudah dipahami. Sehingga membuat pembaca –khususnya wanita- akan memahami keistimewaan dirinya dan bersyukur ditakdirkan menjadi seorang wanita.

KEKURANGAN

Hampir tidak ada kekurangan yang saya temukan dalam buku ini.

KESIMPULAN

Allah ‘azza wa jalla menciptakan lelaki dan perempuan sebagai partner untuk saling melengkapi dalam hidup. Berbedanya sifat, karakter, hak dan kewajiban sudah ditetapkan dan sangat sesuai untuk masing-masing gender. Tak lupa Allah berikan keistimewaan pada masing-masing gender agar saling menyempurnakan dan menyejahterakan bumi. Allah ‘azza wa jalla mengkhususkan keistimewaan pada wanita sebagai berikut :
-          Allah mengkhususkan wanita dengan tugas yang sesuai dengan karakternya agar bisa menikmati pahalanya seorang diri. Dengan demikian, dia bisa setingkat dengan laki-laki dalam amalan yang pahalanya hanya bisa diraih pria.
-          Allah mengkhususkan wanita dengan sifat feminis untuk menangkal kedzaliman dari dirinya. Di balik sifat ini, bisa jadi dia menuai pahala.
-          Allah menjadikan keutamaan tersendiri pada masing-masing kelompok wanita. Ibu, Istri dan anak perempuan memiliki keutamaan masing-masing. Secara umum, wanita memiliki banyak kelebihan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers

Search

Pages

Blogger templates

Blogger news

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Visitors

AmazingCounters.com

Blogroll

BlogBlogs

Listen to Quran