About This Blog

Our Blogger Templates Web Design

Pink Diamond
RSS

Gambaran Umum Museum Wayang



Museum Wayang yang merupakan salah satu museum unggulan di komplek museum Kota Tua ini memiliki berbagai hal-hal menarik dari berbagai segi. Berikut paparan dari beberapa sudut :

a.      Analisis Pencahayaan.


Pencahayaan sangat di perhatikan oleh tata pamer Museum Wayang. Pencahayaan diatur sedemikian rupa agar menarik dan tidak merusak koleksi museum. Misalnya dengan tidak menggunakan cahaya matahari karena cahaya matahari dapat merusak wayang dengan menjadikannya melengkung dan memudarkan warnanya.
Pencahayaan ruang display di museum ini menggunakan lampu sorot atas sehingga pengunjung lebih fokus melihat display wayang tersebut. Sebagaian pencahayaan menggunakan lampu neon di sudut atas agarterkesan terang. Adapun untuk display memakai lampu sorot dengan arah yang bervariasi agar semakin menarik perhatian pengunjung. Selain itu, manfaat letak lampu yang bervariasi ini adalah untuk menghindari kemonotonan dan mengarahkan pergerakan pengunjung kearah display, membangkitkan imajinasi dan alat sugesti positif bagi pengunjung sehingga mereka betah untuk melihat dan menekuni barang-barang koleksi.

 

b.      Analisis Tata Letak.


Menurut keterangan yang kami dapat, susunan tata letak barang-barang koleksi berdasarkan wayang yang di anggap masterpiece (biasanya wayang yang dianggap paling tua, atau wayang paling baik diantara semua wayang). Jadi tidak berdasarkan cerita wayang. Tata letak di ruang pamer museum ini tertata dengan baik dengan mengatur jarak vitrine atau kaca display sedemikian rupa. Sehingga dapat memunculkan rasa ketertarikan pada pengunjung dan pengunjung dapat berjalan dengan leluasa walaupun ruangan tidak terlalu besar.

 

c.       Analisa Tata Ruang Pamer.


Seperti yang terlihat di museum ini, tata ruang pamer menggunakan alur dari bawah ke atas yaitu alur wayang golek ke wayang kulit. Pada setiap ruangan pamer di museum ini terdapat alat temperature/monitor udara yang berfungsi menjaga kelembaban udara agar tidak kering ataupun lembab. Karena udara yang terlalu kering atau terlalu lembab dapat merusak wayang-wayang koleksi.

Tata ruang di museum ini tersusun sangat baik dan modern, warna-warna yang digunakanpun tidak mencolok. Kelebihan dari ruangan-ruangan ini dibuat kedap udara namun kekurangannya ruangan-ruangan ini terlalu sempit dengan pencahayaan yang minim.

Para pengunjung museum wayang diajak untuk mengenal berbagai karakter, sikap maupun perilaku lakon melalui tampilan wayang yang mempunyai bobot yang luhur dan tinggi nilainya dalam budaya kita  dengan menyaksikan berbagai koleksi wayang seperti wayang kulit, wayang golek, patung wayang, topeng wayang, wayang beber, wayang kaca, gamelan dan lukisan-lukisan wayang.

Museum Wayang juga menampilkan berbagai macam koleksi wayang dan boneka dari berbagai negara. Diantaranya dari Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, Rusia, Polandia, India dan Kamboja.

 

d.      Analisa Alur Pengunjung Berjalan.


Alur pengunjung berjalan ini memutar sehingga tidak membingungkan pengunjung. Lorong pertama setelah lobby dipenuhi koleksi wayang 2 dimensi dan 3 dimensi di kanan kirinya. Lalu ada ruang terbuka dengan prasasti bekas makam mantan pendiri Batavia JP Zoon Coen dan setelahnya ada display wayang kulit revolusi, Wayang kulit Tejokusuman, Wayang kulit Ngebean. Ruang display selanjutnya terdapat display Topeng Klono Surakarta, pada display ini dibuat memutar 360 derajat sehingga bisa dilihat dari semua arah dan terlihat sangat menarik. Terakhir kita akan melihat display wayang intan dan sebelum keluar ruangan ada took souvenir bagi pengunjung.

Di ruang display tengah atas terdapat seperangkat lengkap alat music gamelan. Gamelan merupakan pengantar wajib dalam setiap pertunjukan wayang. Dan adapula perpustakaan yang menyajikan beragam buku tentang wayang, museum dan hal-hal yang terkait kebudayaan. Untuk memasukinya dengan menaiki tangga di belakang meja reseptionis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers

Search

Pages

Blogger templates

Blogger news

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Visitors

AmazingCounters.com

Blogroll

BlogBlogs

Listen to Quran