About This Blog

Our Blogger Templates Web Design

Pink Diamond
RSS

Dilema Keberadaan Tengkulak


Perekonomian kita saat ini masih jauh dari target yang diharapkan. Hal itu bisa dilihat dari aspek daya beli masyarakat yang rendah, ketidakmerataan distribusi barang, membanjirnya barang-barang import dan semakin menjamurnya keberadaan para tengkulak yang ‘kejam’.

Fenomena keberadaan tengkulak memang bisa dibilang suatu kewajaran, bahkan ia merupakan salah satu dari mata rantai pendistribusian barang. Akan tetapi, dewasa ini tengkulak  menjadi benalu bagi perekonomian kita.

Posisi tengkulak berada diantara produsen dan konsumen, ia menjembatani transaksi ekonomi keduanya. Posisi ini sangat strategis untuk mengendalikan harga pasar. Dan disinilah ‘permainan’ dimulai. Barang dari produsen ia beli dengan harga rendah lalu dijual ke konsumen dengan harga tinggi. Hal ini menyebabkan rendahnya keutungan yang diperoleh produsen dan daya beli masyarakat terhadap barang itu sendiri.

Tengkulak ‘kejam’ ini banyak berada di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan. Di mana justru sektor-sektor ini adalah poros penting perekonomian Indonesia.

Sebagai contoh, harga bawang merah yang dijual petani ke tengkulak berkisar Rp. 14.000,- sampai Rp.15.000,-/kg. Lalu tengkulak menjual ke pedagang atau konsumen dengan harga Rp. 24.000,-/kg. Bahkan banyak pedagang yang membeli dari tengkulak dan menjualnya lagi dengan harga yang lebih fantastis yakni Rp. 35.000,-/kg. Hal ini pula yang terjadi di sektor-sektor yang disebutkan diatas. Dan inilah penyebab utama rendahnya kesejahteraan para petani, nelayan dan penambang di Indonesia.

Sehingga diharapkan dari Kementrian Perdagangan bisa membuat kebijakan atau undang-undang yang mengatur dan membatasi pergerakan para tengkulak ini. Agar bisa meningkatkan keuntungan produsen dan daya beli masyarakat yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan perekonomian nasional.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers

Search

Pages

Blogger templates

Blogger news

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Visitors

AmazingCounters.com

Blogroll

BlogBlogs

Listen to Quran