About This Blog

Our Blogger Templates Web Design

Pink Diamond
RSS

Mencontek, Kejahatan Tingkat Tinggi Dalam Pendidikan

Mencontek, Kejahatan Tingkat Tinggi Dalam Pendidikan

Tak diragukan lagi bahwa korupsi adalah perilaku menyimpang sosial tingkat tinggi yang sangat merugikan kepentingan umum dan negara. Pelakunya pun kini sudah tak malu-malu lagi melakukannya. Tak hanya kalangan pejabat pemerintah, penyimpangan  ini juga terjadi hampir disemua lini masyarakat, bahkan  kalangan  civitas akademika kampus.

Berbagai upaya pencegahanpun selayaknya digalakan terutama di kalangan mahasiswa yang konon katanya sebagai ‘Agent Of Change’ dan calon pelanjut estafet perjuangan kelompok senior yang saat ini memegang amanah menjalankan roda kehidupan di bumi Indonesia. Selain itu, budaya korupsi  yangmenjamur di kalangan  ini sudah sangat nampak. Salah satunya adalah budaya mencontek dari seluruh level dijenjang akademik yang ada. Tindakan ini seharusnya ditanggapi serius oleh pejabat tinggi terkait, baik itu dilevel universitas, fakultas maupun program studi. Bahkan seharusnya, mencontek dikategorikan sebagai kejahatan tingkat tinggi di universitas dan selayaknya hukumannyapun juga setimpal.

Mencontek yang terlihat sederhana sebenarnya merupakan tindakan kriminal yang melatih pelakunya untuk terbiasa mengambil sesuatu yang bukan haknya dengan cara yang tidak bisa dibenarkan secara hukum agama maupun sosial. Kepribadian seperti inilah yang mengantarkan pelakunya untuk melakukan korupsi. Perilaku ini juga terjadi karena minimnya iman sehingga keyakinan bahwa Allah Maha Melihat tidak tertanam kuat dalam dirinya. Oleh karena itu, selain mengkategorikan mencontek sebagai tindakan kejahatan luar biasa berikut konsekuensinya,  civitas akademika baik rektorat, dosen dan mahasiswa harus selalu menerapkan norma agama dan sosial dalam kesehariannya.

Ririn Widiyastuti, mahasiswi Sastra Arab Universitas Al Azhar Indonesia


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers

Search

Pages

Blogger templates

Blogger news

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Visitors

AmazingCounters.com

Blogroll

BlogBlogs

Listen to Quran