About This Blog

Our Blogger Templates Web Design

Pink Diamond
RSS

Mitos atau Legenda Museum Wayang.



Bangunan Museum Wayang termasuk bangunan lama yang dibangun sejak zaman kolonialisme Belanda tepatnya tahun 1640. Selama kurun waktu 4 abad lebih ini tentu banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya dan kini menjadi legenda. Bangunan lama identik biasanya identik dengan cerita misteri. Pun dengan Museum Wayang, bangunan ini juga memiliki hal tersebut. Suasana yang remang-remang di beberapa ruangan semakin menguatkan kesan horror di museum ini.

Informasi yang kami dapatkan dari wawancara dan artikel terkait, menyatakan bahwa banyak kejadian ganjil yang dialami oleh pengunjung maupun karyawan penjaga museum. Diantara beberapa cerita mistis dan mitos dari Museum Wayang ini adalah sebagai berikut :
1.      Keangkeran awal dimulai dengan adanya makam mantan pendiri Batavia yakni Jan Pieter Zoon Coen, walaupun makamnya sudah dipindahkan namun kesan keangkeran masih terasa kuat.
2.      Adanya beraneka ragam cerita hantu yang berkaitan dengan kenangan masa kolonialisme Belanda karena bangunan ini warisan dari mereka. Diantara cerita hantu tersebut adalah :
a.       Ada figure raksasa yang tingginya hampir menyentuh langit-langit ruangan.
b.      Sering terdengar suara serdadu Londo (sebutan untuk orang Belanda) berbaris lengkap dengan aba-aba komando berbahasa Belanda.
c.       Banyak terdengar suara-suara tidak jelas, ringikan suara kuda, dan masih banyak yang lainnya.
3.      Para karyawan terkadang diganggu oleh sosok anak kecil dan wanita noni Belanda bergaun merah dan sosok wanita dengan muka yang rusak.
4.      Para pengunjung pun kadang juga diganggu dalam bentuk kesurupan karena memegang benda-benda koleksi di museum.
5.      Sering terdengar suara-suara geseran peti-peti wayang.
6.      Beberapa koleksi wayang pun juga banyak menyimpan hal-hal mistis seperti sering bergerak-gerak sendiri seperti wayang si gale-gale dari sumatera. Dan ada wayang dari cina yang malah tidak bisa dipindahkan walaupun dengan tenaga beberapa orang.

Walaupun sering muncul hantu-hantu namun mayoritas hantu tersebut tidak mengganggu, ia akan muncul dan mengganggu jika orang tersebut sengaja memanggil para makhluk halus yang menghuni Museum Wayang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers

Search

Pages

Blogger templates

Blogger news

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Visitors

AmazingCounters.com

Blogroll

BlogBlogs

Listen to Quran