MAKALAH
“ Pemanfaatan Teknologi E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”
Penyaji :
Nama : Ririn Widiyastuti
NIM : 0401514019
Dosen :
Yudha Agung Perkasa, ST
2014
SASTRA ARAB
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA
Daftar Isi
Kata Pengantar
بسم الله الرحمن الرحيم
Segala puji bagi Allah ‘Azza wa Jalla yang telah menyempurnakan
hidup kita dengan syariat-Nya, menuliskan takdir kita dengan pena-Nya,
melengkapi hidup kita dengan nikmat-Nya, menguji kita dengan cobaan-Nya dan
menyayangi kita dengan kasih sayang-Nya. Agar kita dapat berjalan lurus di jalan-Nya
hingga dapat berkumpul di Surga-Nya. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin.
Shalawat dan Salam tak lupa kita haturkan kepada beliau, Rosulullah
Shallahu ‘alaihi wa sallam yang telah berjuang menyebarkan risalah-Nya,
mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk agama-Nya demi keselamatan bagi
umatnya. Semoga kita dan semua kaum muslimin yang mengikuti risalah-Nya
mendapatkan syafaatnya kelak di hari kiamat dan bersama beliau hidup di dalam surga
yang penuh dengan kenikmatan.
Saya memilih judul ini karena sangat relevan dengan tema, yakni “
Teknologi Informasi Dan Sastra Arab”. Bahasa Arab sangat menyita perhatian dan
minat saya dan kaum muslimin di seluruh dunia. Dimana agama terbesar di dunia
yakni Islam menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya. Tentunya,
selain negara-negara Timur Tengah, negara yang mayoritas penduduknya beragama
Islampun sangat ditekankan akan pemakaian Bahasa Arab sebagai bahasa kedua
nasional.
Dalam belajar bahasa arab wajib pula hukumnya atau minimal sunnah
muakkadah untuk diajar langsung oleh pengajar native. Luas dan jauhnya jarak
tentunya sangat mempengaruhi teknik dan sistem pembelajaran Bahasa Arab jika
menggunakan pengajar native.
Adakah kecanggihan teknologi di era digital ini mampu mempermudah
kegiatan belajar-mengajar Bahasa Arab? Bagaimana prosesnya? Seberapa
efektifitasnya?. Mudah-mudahan makalah ini mampu memberikan sedikit informasi
tersebut.
Tak lupa inti dari makalah ini adalah resume wawancara 4 orang
warga Universitas Al Azhar Indonesia yakni terdiri dari 1 dosen sastra, 1 staff
bidang promosi, 2 orang mahasiswa masing-masing dari jurusan sastra arab dan
hubungan internasional.
Demikian prakata dari saya.
Wassalamu ‘alaikum warohmatullah wabarokatuhu.
Penyaji
Ririn Widiyastuti
BAB I
Pendahuluan
Bahasa Arab yang diyakini sebagai salah satu
bahasa paling kuno sedunia ini juga menjadi 1 dari 10 bahasa pengantar resmi
PBB. Pengucapnyapun kini berjumlah jutaan yang tersebar di berbagai penjuru
dunia. Tak hanya di negara-negara
muslim, negara yang kaum musliminnya minoritaspun banyak. Bahkan Korea Selatan
menetapkan Bahasa Arab sebagai Bahasa
Nasional ketiga setelah Bahasa Korea, Inggris. Kemampuan berbahasa Arab lesan
dan tulisan adalah syarat wajib bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikannya
ke Perguruan Tinggi.
Dewasa ini
Bahasa Arab tak hanya menjadi symbol religious saja tapi kian melebar ke ranah
ekonomi dan bisnis, politik dan budaya serta kesusastraan. Bahasa yang sarat
dengan keindahan dari berbagai sisi inipun mempunyai daya tarik tersendiri bagi
pembelajarnya. Minat kaum muslimin dan non muslim bahkan kaum yahudi dalam
mempelajari Bahasa Arab sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya
lembaga-lembaga pelatihan bahasa, jurusan studi arab serta guru-guru les sangat
banyak.
Satu hal yang
wajib bagi pembelajar bahasa arab ialah diajarkan langsung atau minimal sekedar
praktek berbicara langsung dengan native speaker. Begitu pula dengan Bahasa
Arab. Jauhnya jarak merupakan kendala yang diperhitungkan.
Namun, di era
digitalisasi ini Teknologi Informasi membuat
jarak seolah tak berarti. Berbagai Media Sosial dan Gadget yang canggih
membuat segalanya menjadi lebih mudah. Termasuk Belajar Bahasa Arab langsung
atau face to face dengan native speaker di belahan dunia lain.
Beberapa
Universitas Ternama di Timur Tengah memberikan fasilitas E-Learning untuk
mahasiswa-mahasiswinya dari luar negeri untuk belajar Bahasa Arab intensif. Tak
ayal, system E-Learning ini semakin meningkatkan minat kaum muslimin dan non
muslim untuk belajar Bahasa Arab jarak jauh.
Kamipun membuat
poster persuasive agar warga Universitas Al Azhar Indonesia tertarik untuk
belajar Bahasa Arab via E-Learning ini.
Gambar 1.1
Poster Persuasive Belajar Bahasa Arab Via E-Learning
Dengan poster ini kami mewawancarai 4 warga Universitas Al Al Ahzar Indonesia untuk kami mintai pendapat, kritik, saran dang tanggapan umum tentang keefektifitasan poster ini dalam menyampaikan maksud kami kepada pembaca poster tersebut.
Tujuan
Adapun tujuan
dari penulisan makalah ini adalah :
1.
Sebagai tugas akhir sebelum UAS
semester ganjil mata kuliah TIK Terapan Sastra Arab 2014.
2.
Menambah referensi bagi mahasiswa
Studi Arab pada umumnya dan Sastra Arab pada khususnya tentang keefektifitasan
E-Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab.
3.
Menambah pengetahuan kita tentang
system belajar Bahasa Arab di Universitas-universitas Ternama Timur Tengah
kepada mahasiswanya di luar negeri.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dan makalah ini adalah :
1.
Apa itu E-Learning?
2. Media
Sosial apa saja yang biasa dipakai untuk E-Learning?
3. Aplikasi
apa saja yang bisa digunakan sebagai penunjang belajar E-Learning?
4. Universitas
mana saja yang menggunakan system ini?
5. Web
atau situs apa sajakah yang juga menyediakan fasilitas ini?
6.
Bagaimana tanggapan responden
terhadap poster ini?
BAB II
PEMBAHASAN
E-Learning
E-learning
ialah bentuk teknologi informasi yang diterapkan dalam pendidikan dunia maya.
Dimana para siswa tidak perlu hadir
dalam kelas dan duduk manis mendengarkan dan menyimak uraian penjelasan dari
dosen secara langsung. Selain itu e-learning juga dapat mempersingkat jadwal
target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus
dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
Adapun manfaat
langsung dari e-learning bagi siswa ialah :
1.
Mempermudah peserta didik
berinteraksi dengan bahan/materi.
2.
Mempermudah peserta didik
berinteraksi dengan para guru, para dosen tau instruktur.
3.
Mempermudah peserta didik
berinteraksi dengan sesamanya dan saling dapat bertukar bahab ajar/materi.
Sedangkan manfaat
untuk para guru, para dosen atau para instruktur ialah :
- melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
- mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
- mengontrol kegiatan belajar peserta didik.
Dan adapula keuntungan darisegi
pembelajarannya, yakni dapat menghemat waktu dan biaya, metode pembelajaran
membuat siswa aktif dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Namun, dibalik manfaat-manfaat yang ada e-learning
juga mempunyai kekurangan yakni butuh biaya khusus untuk mengadakan
fasilitas-fasilitas elektronik untuk guru, siswa dan sekolah. Dan diperlukan
SDM guru yang mumpuni dalam hal teknologi.
Sosial Media
Sosial Media (Social
Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di
dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi,
berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan
membangun jaringan (networking).
Dalam
E-Learning sosial media adalah sarana untuk berkomunikasi antar siswa dan guru.
Dan dalam mayoritas dalam pembelajaran bahasa arab dewasa ini, media sosial
yang paling sering digunakan adalah skype, youtube, whatsApp dan Line. Berikut
penjelasan peranan media sosial tersebut dalam e-learning Bahasa Arab.
A. Skype
Skype adalah
sebuah program perangkat lunak desktop gratis yang memungkinkan penggunanya
untuk berkomunikasi dengan satu sama lain, gratis, melalui chatting, suara
panggilan atau panggilan video. Layanan ini memiliki berbagai manfaat luar
kemampuan ini, termasuk kemampuan bagi pengguna untuk panggilan telepon dan
mengirim pesan teks SMS dengan pra-bayar kredit Skype.
Dalam
E-learning skype digunakan untuk komunikasi antara siswa/mahasiswa dan
guru/dosen dimana sang pengajar bahasa arab menyampaikan pelajaran,
mencontohkan cara membaca dan mengoreksi cara membaca siswa.
Gambar 1.2.
logo skype
B. Youtube
YouTube adalah
sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna
dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video
buatan para penggunanya sendiri.
Dalam
e-learning Bahasa Arab, banyak dimanfaatkan oleh pengajar bahasa arab untuk
mengupload materi-materi dan penjelasan tentang kaidah-kaidah Bahasa Arab baik
dengan Bahasa Indonesia atau dengan Bahasa Arab.
Contohnya ada
di link-link youtube seperti berikut :
Gambar 1.3.
Logo Youtube
C. Line
Line adalah
suatu aplikasi yang digunakan untuk kegiatan berkirim pesan (messenger /
chatting) secara gratis di perangkat smartphone. Adapun fitur-fitur yang dimiliki ialah pesan suara,
video, foto, kontak dan informasi lokasi.
Sama halnya
dengan skype, Line adalah sarana informasi antar pembelajar dan pengajar.
Gambar 1.4.
Logo Line
D. WhatsApp
WhatsApp adalah
aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan kita untuk mengirimkan file,
pesan, gambar, video, foto dan obrolan online.
Adapun
fungsinya dalam e-learning sama dengan skype dan Line.
Gambar 1.5.
Logo WhatsApp.
Universitas International yang terfasilitasi E-Learning
Dalam dunia
kampus, banyak kampus-kampus internasional di Timur Tengah yang banyak
menyediakan fasilitas e-learning kepada mahasiswa-mahasiswinya yang ada
diberbagai belahan dunia lain untuk belajar Arab secara intensif. Tak hanya
Bahasa Arab, biasanya universitas juga mengajarkan ilmu-ilmu islam dengan
bahasa pengantar Bahasa Arab.
Diantara
universitas-universitas tersebut adalah :
A. Universitas Al Azhar kairo
Universitas Al
–Azhar di Kairo memiliki program The Center of Teaching for Non-Arabic Speaker
. Prosedur administrasi dan registrasi bisa dilakukan via internet dengan
mengunjungi alamat www.azharegypt.net
Gambar 2.1.
Halaman muka web e-learning Universitas Al Azhar Kairo
B. Al Madeenah International University
Al Madeenah
International University adalah
Universitas Islam Dunia yang terkemuka yang menyediakan program pembelajaran
e-learning bagi mahasiswa-mahasiswinya dari negara lain. Program-program S1
yang ditawarkan adalah Fiqh, Hadits, Ulumul Qur’an dan Bahasa Arab. Adapun
alamat webnya adalah www.mediu.edu.my
Gambar 2.2.
Halaman muka web MEDIU
C. Hamdan Bin Mohammed University
Hamdan Bin
Mohammed University University adalah pertama e-University di Uni Emirat Arab
yang diresmikan bulan February 2009. Universitas ini mempunyai lingkungan
pendidikan yang unik yakni Virtual
Learning Environment,e-Campus dengan menggunakan teknologi inovatif
dalam bentuk mobile learning, blog diskusi, kelas online bahkan game
pendidikan.
Adapun alamat
webnya ialah www.hbmsu.ac.ae
Gambar 2.3.
Halaman utama web Hamdan Bin Mohammed University
D. King Saud University
Raja Saud University adalah universitas terkemuka di Kerajaan Arab
Saudi . Kampus tertua di Arab Saudi ini telah mendidik banyak anggota usaha
nasional, elit pilitik dan akademis termasuk keluarga kerajaan. Alamat web
universitas ini adalah www.ksu.edu.sa
Gambar 2.4.
Halaman utama web King Saud University
Hasil Wawancara
Setelah kami
rangkum dan olah informasi diatas dalam seduah poster ( lihat gambar 1.1.) kami
mewawancara empat responden untuk dimintai komentarnya tentang pendangan umum
yang berkaitan tentang isi dari pesan poster kami dan apakah informasi dan
pesan yang ingin kami sampaikan melalui poster tersebut dapat tersampaikan
dengan baik atau belum.
Berikut
rangkuman hasil wawancara kami :
A. Dr. Thoyyib
Dr
Thoyyib adalah salah seorang dosen senior di Universitas Al Azhar Indonesia
yang saat ini mengajar di Fakultas Sastra Prodi Sastra Arab. Beliau
menyelesaikan S2 dan S3 nya di Perancis dengan predikat cumlaud.
Menurut
beliau isi dan pesan yang terkandung dalam poster ini sudah lumayan bagus
tersampaikan. Tampilannya sudah bagus. Namun hal yang terpenting dari poster
ini adalah follow up dari poster ini. Karena poster ini bentuknya ajakan, harus
ada konsekuensi atau tindakan jika ada
orang yang terpanggil untuk belajar
Bahasa Arab. Hal-hal ini penting untuk dipikirkan kembali. Tidak ada gunanya kita
hanya mengajak belajar saja tanpa memberikan atau menyediakan bantuan fasilitas
belajar.
B. Kak Riri
Kak
Riri adalah seorang Staff di Biro Promosi di Universitas Al Azhar Indonesia.
Menurut beliau isinya sudah lumayan tersampaikan dengan baik namun segi
tampilan banyak yang harus dikoreksi. Permainan warnanya sudah pas namun font
style yang digunakan terlalu banyak sehingga membuat orang pusing, kosentrasi
orang yang melihat fokus terhadap bentuk-bentuk tulisannya. Penataan
icon-iconnya juga kurang terkelompokkan dengan menarik sehingga jika dilihat
dari jauh semuanya terlihat menyatu. Dan ada baiknya posternya tidak hanya
ajakan saja tapi juga diadakan acara semacam seminar agar lebih menarik minat
orang untuk belajar bahasa arab. Sehingga inti pesan dari poster ini dapat tersampaikan
secara efektif.
Video
wawancara dengan Kak Riri dapat dilihat di http://youtu.be/9gQl9qjf8FM
C. Kak Mega Satria
Kak
Mega Satria adalah seorang mahasiswa Sastra Arab semester 7. Menurut beliau
poster tersebut sudah mewakili isi dan pesan dibalik poster. Namun akan lebih
baik jika poster tersebut bekerja sama dengan website HIMASA (Himpunan
Mahasiswa Sastra Arab) sehingga ada hubungan imbal balik yang positif. Terlebih
tujuan dari poster dan HIMASA ada kesamaan yakni mengajak orang untuk belajar
Bahasa Arab. Dan jika ada orang yang tertarik untuk belajar Bahasa Arab dapat
diserahkan ke HIMASA untuk ditindaklanjuti.
Video
wawancara dengan Kak Mega dapat dilihat di http://youtu.be/TBfZU7u8KQ8
D. Kak Muhammad Hafidz Al Ghifari
Kak
Muhammad Hafidz Al Ghifari adalah seorang mahasiswa Hubungan Internasional
semester 7. Menurut beliau posternya sudah mewakili dari isi dan pesan yang ada
dibaliknya. Namun, belum terlalu mampu untuk mengajak seorang yang tidak bisa
belajar bahasa arab untuk mau belajar bahasa arab. Masih ada yang kurang
materinya. Mungkin manfaat atau alas an mengapa harus belajar Bahasa Arab tidak
ada. Dari segi tampilan juga masih kurang rapi. Pengklasifikasian materi,
penataan huruf masih harus diperbaiki lagi.
Dan
saya mohon maaf video wawancara dengan kak Hafizd belum diupload di youtube
dikarenakan lamanya proses uploadingnya sehingga melebihi batas deadline yang
ditetapkan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Adapun
kesimpulan yang diambil saya bagi menjadi 2 bagian. Bagian satu tentang
pembahasan umum makalah dan bagian kedua adalah tentang hasil wawancara.
Bagian 1
Kesimpulan yang
bisa diambil ialah E-learning adalah system pembelajaran jarak jauh yang kini
sudah banyak diterapkan oleh berbagai sekolah, lembaga maupun perguruan tinggi.
Dalam Belajar Arab E-Learning sangat diperlukan. Selain untuk mendapatkan
materi tambahan, yang terpenting ialah untuk berkomunikasi dengan native
speaker secara langsung. Agar semakin peka dan jelas bahasanya. Pembelajar akan
belajar bagaimana cara berbicara dan membaca dengan dialek arab yang benar dan
terbiasa mendengarkan orang arab berbicara.
Bagian 2
Kesimpulan dari
hasil wawancara ialah bahwa secara tampilan poster lumayan bagus, walaupun ada
yang perlu dirapikan lagi. Sebenarnya pengklasifikasian sudah kami usahakan
namun terkendala sempitnya ruang yang ada. Warnanya sudah pas dan menarik.
Adapun isinya sudah cukup tersampaikan namun kurang dapat membangkitkan minat
belajar untuk orang yang belum bisa Bahasa Arab sama sekali.
Demikian
makalah ini kami saya sajikan. Saya sangat sadar makalah ini masih banyak
kekurangannya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan
dari pembaca makalah ini. Lebih dan
kurangnya saya mohon maaf
Wassalamu’alaikum
warohmatullah
0 comments:
Post a Comment